Bakal Ada Kampung Tanpa Asap Rokok di Cipinang

By on March 24, 2017. Posted in , .

a2feb686-27e2-47a0-b384-505e1feb1c58_169Jakarta – Warga Kampung Penas Tanggul RT 15/RW 05, Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur akan membuat konsep kampung warna-warni tanpa asap rokok. Niat tersebut disambut positif oleh seluruh warga kampung.

“Ide membangun kampung warna-warni tanpa asap rokok ini diawali oleh hasil kunjungan beberapa wakil warga Penas Tanggul bersama FAKTA ke Kampung Code di pinggir Kali Code, Yogyakarta,” ujar warga Kampung Penas Tanggul, Nobby Sail di lokasi, Kamis (23/3/2017).

Saat ini program kampung tanpa asap rokok baru tahap awal dengan diberlakukannya larangan merokok dalam rumah. Ke depan sambung Nobby, larangan merokok akan berlaku di dalam maupun di luar rumah.

“Cukup banyak (yang berhenti merokok), kita saat ini sudah mulai. Kita utamakan dulu yang di dalam rumah. Nantinya akan keseluruhan artinya itu butuh proses,” tuturnya.

Salah satu warga, Sumiati yang mewakili kelompok perempuan mengatakan rencana tersebut mendapat dukungan para ibu-ibu. Para ibu akan mengingatkan suaminya agar tidak merokok di dalam rumah.

“Para ibu sekarang menjadi polisi rumah tangga untuk memberitahu ke suami agar kalau ingin merokok di luar rumah. Agar rumah kita bebas asap rokok,” kata Sumiati.

Sementara itu, Ketua Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) Azas Tigor Nainggolan menyebut program kampung tanpa asap rokok sangat baik. Sebab dari data yang dipegangnya, 70 persen perokok di Jakarta adalah warga kurang mampu.

“Melalui kampung warna-warni tanpa asap rokok ini warga ingin menjadikan kampung percontohan sebagai kampung sehat tanpa asap rokok untuk melindungi hak hidup sehat bagi perempuan dan anak-anak,” ujar Tigor.

Kampung Penas Tanggul berada tepat di bantaran Kali Cipinang, Jaktim sudah mulai terlihat berwarna. Berbagai tempelan imbauan larangan merokok juga sudah ditempel di kaca dan dinding rumah.

Nantinya sekitar 100 rumah di Kampung di bantaran Kali Cipinang yang akan dipercantik dengan warna-warna yang cerah. Ide untuk membangun kampung warna-warni tanpa asap rokok tersebut terinpirasi dari Kampung Code, Yogyakarta.

sumber: https://news.detik.com/berita/d-3455366/bakal-ada-kampung-tanpa-asap-rokok-di-cipinang?utm_source=whatsapp&utm_campaign=detikcomsocmed&utm_medium=btn&utm_content=news

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.