Buku Menguak Kebohongan Industri Rokok Diluncurkan

By on February 26, 2012. Posted in .

Buku berjudul A? Giant Pack of Lies Bongkah Raksasa Kebohongan itu, menyoroti kedigdayaan industri rokok di Indonesia.
?
Peluncuran buku tersebut dilakukan di Universitas Katholik Atmajaya, satu-satunya? kampus di ibukota yang seratus persen bebas rokok.

Selain secara resmi? meluncurkan buku tersebut, Tempo Institute dan Koji Communications juga menggelar acara diskusi bertajuk sama dengan judul buku tersebut.
?
Mardiyah Chamim, salah satu penulis buku, mengatakan bahwa buku? tersebut mulai digarap pada 2007 lalu.

Bermula dari hasil penelusuran? dokumen yang dia lakukan di Amerika Serikat pada 2006. Mardiyah? melakukan riset terhadap sekitar 3.000 dokumen di Tobacco Library di? University of California, Berkeley.
?
“Tiga ribu dokumen tersebut khusus yang berhubungan dengan? Indonesia. Menerangkan di antaranya strategi beriklan mereka,” tutur? Mardiyah.

“Dengan luasnya pasar mereka (di Indonesia), terbukti bahwa? strategi mereka berhasil,? katanya lagi.
?
Strategi itulah yang menurut Mardiyah melibatkan banyak tipu? muslihat industri rokok, di antaranya bagaimana industri rokok tak? pernah berterus terang sejak awal, bahwa rokok berbahaya bagi? kesehatan.

Hal tersebut dapat dilihat di berbagai iklan rokok yang? selalu menonjolkan bagaimana dengan merokok laki-laki dapat terlihat lebih macho.

Dokumen-dokumen yang ditelusuri Mardiyah sangat lengkap,? termasuk bagaimana industri rokok memetakan sasaran konsumennya.

Terdapat 3.000 kopi buku cetakan pertama A Giant Pack of Lies yang? sudah siap disebarkan oleh Tempo Institute dan Koji Communications.

Mardiyah mengatakan sasaran pertama buku adalah para aktivis pengendali? tembakau dan pembuat kebijakan, termasuk anggota DPR dan pemerintah? daerah.

“Belum dijual bebas sebab takut diborong industri rokok. Sebab sudah? ada perusahaan rokok yang bertanya bagaimana cara mendapatkan buku? ini,” tuturnya.

Selain aktivis dan pembuat kebijakan, anak? muda juga menjadi target pembaca buku ini. Menurut Mardiyah bagi mereka? yang ingin mendapatkan buku A Giant Pack of Lies dapat menghubungi Koji? Communications, yakni Koperasi AJI Jakarta di kantor mereka di Kalibata.

Ke depan, sambungnya, tim juga merencakan untuk meluncurkan A? Giant Pack of Lies versi e-book, agar penyebaran bisa lebih cepat. “Saya menggunakan gaya bertutur, sengaja menghindari teori besar,” tutur dia.
?
A Giant Pack of Lies mendapatkan sambutan hangat dari berbagai? aktivis pengendalian tembakau dalam acara peluncurannya hari ini.

Termasuk dari Christof Putzel, wartawan investigasi yang? mendokumentasikan jeratan rokok di Indonesia lewat video dokumenternya? berjudul Sex, Lies, and Cigarettes.
?
“The book is groundbreaking,” tutur Putzel, yang hadir dan menjadi? salah satu pembicara dalam acara diskusi dan peluncuran buku tersebut.

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.