Cukai Rokok Harus Bisa Kendalikan Konsumen, Jangan Hanya Istimewakan Industri

By on October 13, 2016. Posted in .

dadadaJakarta, HanTer – Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) melihat rencana Kementrian Keuangan untuk menaikan cukai rokok pada tahun 2017 menjadi 10, 54 persen adalah tindakan setengah hati. Pasalnya, harga rokok masih sangat terjangkau bagi masyarakat sehingga sangat bertentangan dengan tujuan pengenaan cukai sebagai bentuk pengendalian konsumsi.

“Konsumen tetap rokok yang mayoritas warga miskin kota masih dapat membelinya, bahkan anak-anak usia sekolah mulai banyak menjadi konsumen rokok yang membeli rokok dengan cara ketengan atau patungan dengan teman-temannya,” kata Ketua FAKTA, Azas Tigor Nainggolan dalam pesannya kepada Harian Terbit, Kamis (13/10/2016).

Menurut Azas, berdasarkan hasil Global Youth Tobacco Survey,  prevalensi merokok pada kelompok usia 13-15 tahun mendekati atau melebihi prevalensi merokok pada orang dewasa (41% pada remaja laki-laki dan 6,4% pada remaja perempuan. Berdasarkan hasil Survey Ekonomi Nasional Badan Pusat Statistik (BPS) ada peningkatan prevalensi merokok pada balita dan anak-anak berusia 5-9 tahun, dari 0,4% pada tahun 2001 menjadi 1,8% pada tahun 2004.

“Pemerintah jangan terus menerus memberikan perlakuan istimewa kepada industri rokok, pikirkan juga kesehatan rakyatnya. Apa pemerintah mau jika generasi penerus bangsa kita penyakitan semua?” ujarnya.

Oleh karena itu, sambung Azas, FAKTA sebagai lembaga yang perduli kepada isu perkotaan termasuk isu kesehatan meminta, Pemerintah menaikan cukai rokok lebih dari 20%. Selain itu pemerintah juga harus melihat cukai sebagai bentuk pengendalian produk-produk berbahaya seperti rokok (yang secara jelas dikatakan sebagai produk yang “MEMBUNUHMU” dalam kemasannya), dan bukan hanya dari sisi cukai sebagai sumber pemasukan negara saja.

“Segera revisi Undang-undang Cukai terkait cukai hasil tembakau yang pada awalnya paling tinggi 57% menjadi paling rendah 57%,” tegasnya.

 

sumber: http://www.harianterbit.com/m/humaniora/read/2016/10/13/70412/0/40/Cukai-Rokok-Harus-Bisa-Kendalikan-Konsumen-Jangan-Hanya-Istimewakan-Industri

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.