Di Bogor, BBM Belum Naik, Sembako Sudah Merangkak

By on March 15, 2012. Posted in .

?Pemeritah baru berencana menaikkan BBM, pedagang malah sudah menaikan harga sembako sekitar 5-8 persen. Kenapa begini , gaji suami juga belum dinaikan?? keluh Ny, Rohasi, saat belanja di Pasra Cibinong, Minggu .

?Besok-besok kalau baru sebatas rencana naikkan BBM jangan diumumkan lewat media massa. Ini akibatnya belum naik harag sembako sudah mencekik,? timpal Ny. Untung, pembeli lainnya.

Pengamatan Pos Kota, kenaikan terjadi pada gula pasir dari Rp 10.000 per kg menjadi Rp 11.000 per kg. Telur? naik jadi Rp18.000 per kg dari Rp17.000 per kg, minyak goreng melonjak jadi? Rp11.000 per kg dari? Rp9.500 per kg.

?Kenaikan ini sebagai dampak dari gencarnya pemberitaan dari rencana pemerintah menaikan BBM. Harga-harga itu? mulai naik sejak sepekan terakhir ini,? ujar? Jajang, pedagang sembako di Pasar Cibinong.

Meski sudah melaonjak naiak Pemkab Bogor belum melakukan operasi pasar. ?Kalau kenaikan sampai 10 persen lebih, kita baru gelar operasi pasar,? katar Sekretaris Diskoperindag Kabuapten Bogor, Nurianty.

Kenaikan sembako masih berada di level wajar. Namun, ia tak menepis kemungkinan lonjakanharga akan terus terjadi jelang kenaikan harga BBM.

Begitu pula? dengan Pemkot Bogor yang belum berencana melakukan operasi pasar. ?Kenaikan masih dalam batas kewajaran. Kami sudah sidak dan tidak ada pula penimbunan sembako,? ujar? Kabid Perdagangan Disperindagkop Kota Bogor M Sinaga.

Sementara itu pengusaha angkutan umum bersiap menaikkan tarif angkutan. ?Pastinya kami naikkan tarif, sebab dengan kenaikan harga BBM, otomatis pengeluaran juga naik sehingga tarif juga? ikut naik ,? ujar Sekretaris Organda Kota Bogor, Parid Wahdi.

Namun,? pihaknya belum bisa memastikan kenaikan tarff tersebut, sebab perlu dibahas dengan pihak? berwenang, seperti DLLAJ, Organda dan aparat penegak hokum lainnya.

Akan tetapi, jika pemerintah tetap ngotot menaikkan harga BBM sebesar 33 persen, maka tarif angkutan akan dinaikkan sebesar lima persen. Sebagai gambaran, jika tarif wilayah Kota Bogor jauh dekat bertarif Rp2.000, maka akan berubah menjadi Rp 2.700.

Bukan hanya tarif angkutan umum yang terkena imbas. Tarif dasar listrik (TDL) dipastikan ikut naik. Menurut Kepala Humas APJ PLN Bogor, Kusumawan, kenaikan BBM akan sangat berpengaruh terhadap subsidi.

?Jika sudah ada surat keputusan dari pemerintah, mau tidak mau kita akan sosialisasikan kenaikan TDL kepada masyarakat,? ujarnya.

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.