Dishub DKI dan Satpol PP Tertibkan PKL di Car Free Day

Pedagang kaki lima di CFD (Foto: Paulina Herasmaranindar/kumparan)

Satpol PP DKI Jakarta menggandeng Dinas Perhubungan untuk melakukan penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) di area Car Free Day, sekitar Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. Pasalnya, para PKL yang memanfaatkan event CFD untuk meraup pundi uang seringkali melanggar hak pengguna jalan.
“Jadi penertiban itu bentuknya antisipasi di momen (CFD) sebelum ditutup, mulai menertibkan PKL yang ada di tengah jalan,” kata anggota Dishub DKI Muhammad Fajri, di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (10/12).

Menurut Fajri, beberapa PKL masih sering mencuri kesempatan untuk berjualan di tengah jalan. Hal ini, mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengunjung CFD yang ingin berolahraga, berorasi atau sekadar jalan-jalan.
“Sering dapat keluhan dari pengunjung CFD tentang para PKL itu, makanya mulai minggu ini dan minggu seterusnya akan dilakukan penertiban persuasif,” ujar Fajri.

Tidak ada CFD di Bundaran HI (Foto: Amanaturrosyidah/kumparan)

Hal senada juga dijelaskan oleh Kasatpol PP Yani Wahyu. Ia menyebutkan, penertiban PKL hari ini fokusnya hanya untuk melakukan sosialisasi dan mengimbau para PKL agar berdagang di tempat sementara yang disediakan.
“Dan sekaligus kondisi riil lapangan sebagai bahan evaluasi untuk pelaksanaan HBKB (Hari Bebas Kendaraan Bermotor) berikutnya,” jelas Yani.

 

Print Friendly, PDF & Email