DKI Sukses Tekan DBD

By on January 7, 2011. Posted in .


?PSN merupakan cara yang paling efektif untuk mengurangi kasus DBD di DKI Jakarta. Karena jika dilihat dari evaluasi angka kasus DBD di DKI Jakarta sejak 2009 sampai 2010 lalu, hasilnya jauh lebih baik. Oleh karenanya, perilaku hidup bersih dan sehat harus dijadikan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari,? kata Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta, saat kunjungan kerja dan PSN di RW 07 Rawasari, Cempakaputih, Jakarta Pusat, Jumat (7/1).

Fauzi Bowo berpesan, pemberantasan sarang nyamuk perlu dilakukan minimal sepekan sekali untuk memutus perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti. Karena, menurutnya, DBD masih menjadi ancaman bagi warga Jakarta. Karena itu, ia mengimbau agar masyarakat terus membantu para kader jumantik dalam memberantas perkembangan nyamuk.

Ia juga mengaku bangga dengan usaha yang dilakukan warga di RW 07, Rawasari yang dengan kesadaran tinggi, dapat meminimalisir jumlah warga yang terkena DBD. Data yang diterima dalam tiga bulan terakhir, jumlah warga yang terkena DBD cukup rendah. Pada 2009, tercatat sebanyak 21 kasus di wilayah itu. Sementara pada 2010, jumlahnya turun drastis hanya tercatat 4 kasus.

Fauzi menambahkan, hingga kini Pemprov DKI Jakarta terus berupaya menekan kasus DBD. Salah satunya dengan mengadakan sosialisasi kepada warga melalui PSN tiap Jumat. Begitu juga dengan penanganan pasien DBD yang tidak dikenakan biaya di sejumlah rumah sakit. “Ini menandakan pemerintah begitu peduli dengan rakyatnya,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, gubernur juga menyerahkan bantuan berupa kursi roda untuk penyandang cacat, perlengkapan sekolah, peralatan olahraga, alat pemadam api ringan, alat pembuat lubang resapan biopori kepada delapan kecamatan di Jakarta Pusat, serta 100 pohon anti nyamuk jenis lavender dan jodia. Dalam kunjungan kerja itu, Fauzi Bowo juga menyempatkan diri melakukan kegiatan PSN ke rumah-rumah warga.

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.