ERP Segera Berlaku, Pemprov DKI Perbanyak Angkutan Massal & Feeder Busway

By on June 24, 2011. Posted in .

Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono mengatakan, pihaknya dalam jangka waktu dekat akan menambah armada bus TransJ di Koridor X. Selain itu, tahun 2011 ini Pemprov DKI akan membuka koridor baru.

“Kita tahun ini akan buka koridor XI rute Kampung Melayu-Pulogebang untuk mengembangkan sarana angkutan massa ini,” kata Pristono saat berbincang dengan detikcom, Jumat (24/6/2011).

Sarana angkutan massal yang dapat mengangkut lebih banyak penumpang yakni mass rapid transportation (MRT) seperti subway juga tengah dipersiapkan. “Pembebasan lahannya sudah disiapkan. Tahun 2012 awal sudah dibangun fisiknya,” ujar dia.

Untuk mendukung ERP ini, Pemprov juga tengah membangun sarana dan prasarana jalan seperti jalan layang non-tol. “Jalan layang non-tol Antasari-Blok M dan Kampung Melayu-Tanah Abang sudah dibangun,” kata dia.

Sementara untuk mengoptimalkan sarana busway, Pemprov DKI pada akhir Agustus 2011 nanti akan membuat 3 loop feeder busway. Di tiap feeder ini akan disediakan 6-8 bus.

“Feeder busway yang pertama di seputaran Tanah Abang hingga Stasiun Gambir ke halte Merdeka Barat, seputar SCBD yang menyentuh Senayan dan Halte Gelora serta dari kantor Walikota Jakarta Barat ke halte Daan Mogot,” jelasnya.

(mei/nrl)

Sumber : detik.com

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.