Fauzi Bowo Dukung Konsep Bus Layang

By on April 4, 2011. Posted in .

Gubernur DKI Jakarta H. Fauzi Bowo, mengatakan pihaknya mendukung? pemerintah pusat membantu pemprov? dalam mengurai kemacetan. ?Kita? membentuk tim untuk menyatukan konsep pusat tersebut. Bagaimanapun, konsep? pusat tersebut harus terintegrasi dengan PTM yang saat ini dikembangkan Pemprov DKI,?kata Fauzi Bowo, Sabtu (2/4).

Menurut Fauzi,? bus layang yang akan dibangun pada jalur jalan tol Cikampek hingga Semanggi tesebut akan membantu? menekan? beban lalulintas. ?Karena itu,? tim koordinasi ini penting agar sejalan dengan? PTM yang dimiliki pemprov,?jelasnya.

Tim tersebut diperlukan untuk menyelaraskan konsep pusat dengan PTM rancangan pemprov. Terutama menyangkut aspek teknis. ?Konsep itu harus terintegrasi dengan program pemprov.?

Penegasan Fauzi Bowo tersebut berkaitan dengan rencana Kementrian Perhubungan membangun sarana bus layang atau O-Bhan rute Bekasi-Semanggi dan Cibubur-Semangi. Kedua rute tersebut akan dibangun di atas jalan jalan tol (elevated) Cikampek dan Jagorawi dan berakhir di Semanggi.

Untuk keperluan tersebut, Bappenas sudah melakukan rapat dengan Kementrian Perhubungan dan Kementrian PU. Bahkan untuk? keperluan pembangunan diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar Rp1 triliun.

Fauzi Bowo menjelaskan, untuk mengurai kemacetan di Jakarta, Pemprov DKI Jakarta saat ini tengah membangun? jaringan PTM. Antara lain? 15 koridor? busway, MRT atau subway, monorel, kereta lingkar (loop line) serta penerapan ERP.

Dari sejumlah PTM tersebut, kini sudah hadir 10 koridor busway. Sedangkan saat ini Pemprov tengah? membebaskan lahan untuk? pembangunan MRT. Dana sebesar Rp10 triliun sudah tersedia berupa pinjaman lunak dari Jepang.? Rencananya awal tahun 2012? dimulai pembangunan fisik pada ruas Lebakbulus-Bundaran Hotel Indonesia dan akan operasional? pada tahun 2014. Sedangkan tahap II Bunderan HI-Kota akan dilanjutkan pada tahun berikutnya.

?Bila ini sudah terintegrasi secara keseluruhan maka? masalah kemacetan akan terselesaikan karena? warga akan memilih pindah ke angkutan umum, karena lebih murah.?

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.