Forum Warga Kota Jakarta Ancam Gugat Kementerian PU

By on June 4, 2013. Posted in .

122440

MI/Ramdani/vg

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Forum Warga Kota Jakarta (Fakta) Azas Tigor Nainggolan memastikan akan menggugat Kementerian Pekerjaan Umum jika pembangunan 6 ruas jalan tol dalam kota baru di DKI Jakarta jadi dilaksanakan.

“Saya akan gugat Menteri PU kalau pembangunan tol itu dilanjutkan,” ungkap Tigor yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) di Jakarta, Minggu (13/1).

Menurut Tigor, tidak ada teori yang menyatakan pembangunan ruas tol ataupun penambahan rasio jalan akan mampu mengurai kemacetan. Seharusnya, kata Tigor, pembangunan jalan baru adalah jalan non-tol.

Meski demikian, Tigor lebih memilih penataan sistem transportasi ketimbang pembangunan jalan baru untuk menjadi solusi masalah kemacetan di Jakarta. Dia mencontohkan Kota Tokyo, Jepang, yang tetap dirundung masalah kemacetan meskipun rasio jalannya tidak seperti Jakarta. Selain itu, Tigor menyayangkan sikap Kemen-PU yang juga berencana mengembangkan jalan tol untuk bisa diakses juga oleh kendaraan umum.

“Itu tahu aturan enggak sih. Masa jalan tol untuk dilalui juga oleh kendaraan umum. Yang namanya jalan tol ya bebas hambatan, tidak ada turun naik pemumpang, apa lagi ada halte segala macam,” tegasnya.

Terkait dengan rencana pembatasan penggunaan kendaraan pribadi, seperti ganjil-genap, guna mengurangi kemacetan, Tigor menyatakan kebijakan itu perlu diambil. Selain itu, imbuhnya, pemerintah juga harus segera mencabut subsidi BBM untuk kendaraan pribadi dan mengembalikan ke harga pokoknya yaitu Rp9 ribu per liter. “Kami sudah berkirim surat kepada pemerintah untuk mencabut subsisdi BBM untuk kendaraan pribadi sejak 2011, tapi belum ada tanggapan,” ujarnya.

Menurut Tigor, pencabutan subsidi BBM untuk kendaraan pribadi juga sebagai salah satu cara merubah perilaku masyarakat dalam bertransportasi agar beralih ke angkutan umum. (*/OL-04)

 Sumber : metrotvnews.com, Senin, 14 Januari 2013

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.