Gerindra Alihkan Dukungan ke Fauzi Bowo

By on March 15, 2012. Posted in .

Partai Golkar mengklaim bahwa paket itu didukung oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Damai Sejahtera (PDS). Dengan perolehan tujuh kursi (Partai Golkar) ditambah PPP (7) dan PDS (4), koalisi tiga partai ini cukup untuk mengusung pasangan kepala daerah di DKI.

Ketua DPD Partai Gerindra DKI, Muhammad Taufik, menyatakan, setelah Nono Sampono bersedia dipinang Partai Golkar, Partai Gerindra mengalihkan dukungan kepada Fauzi Bowo. “Perubahan signifikan setelah Pak Nono pada Kamis (8/3) jam 16 pamit dia dipinang Ical (Ketua Umum Partai Golkar) jadi cawagub, maka kami mencabut dukungan kepada Nono dan kami mencalonkan Fauzi Bowo sebagai Cagub DKI,” katanya di Jakarta, Jumat (9/3).

Dukungan Partai Gerindra, kata Taufik, juga didukung oleh Panitia Bersama (Panbers) Pemilukada DKI 2012. “Koalisi dilakukan bersama Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan sejumlah parpol lainnya,” katanya.

Jika akhirnya Fauzi diusung Partai Demokrat (PD) yang mempunyai 32 kursi, kata Taufik, koalisi akan semakin kuat. “Pak Fauzi juga akan diusung parpol lainnya, maka kami sedang melakukan komunikasi untuk mencalonkan Pak Fauzi dan figur lainnya sebagai cawagub,” katanya.

Dukungan kepada Fauzi diberikan Partai Gerindra yang mempunyai enam kursi di DPRD DKI. Deklarasi dukungan itu disampaikan bersama Partai Hanura yang mempunyai empat kursi di DPRD DKI. Ketua DPD Partai Hanura DKI, Ongen Sangaji, deklarasi Partai Hanura dan Partai Gerindra untuk mengusung Fauzi itu mempunyai kekuatan 10 kursi.

PDI Perjuangan yang mempunyai 11 kursi di DPRD DKI belum mengumumkan Cagub DKI yang didukung. Jika PDI Perjuangan resmi mengusung Fauzi Bowo, maka incumbent itu sedikitnya mempunyai 21 kursi DPRD DKI dan jika PD akhirnya mengusung Nachrowi Ramli sebagai Cagub DKI, maka Fauzi dan Nachrowi kemungkinan bertarung dalam Pemilukada DKI 2012, PD akan umumkan Cagub DKI pada kurun 13-19 Maret 2012 saat pendaftaran Cagub-Cawagub DKI dibuka oleh KPU DKI.

Ketua Panitia seleksi kepala daerah PDI Perjuangan, Djarot Syarif Hidayat, menyatakan, PDI Perjuangan masih melakukan proses seleksi di DPP PDI Perjuangan. “Kami akan melakukan koalisi karena PDI Perjuangan hanya 11 kursi,” katanya.

Terkait dengan Nono Sampono yang resmi diusung Parrai Golkar, PDI Perjuangan dipastikan tidak ikut dalam koalisi yang dimotori Partai Golkar. “Kami akan melakukan upaya maksimal untuk mengusung Cagub DKI dan Cawagub DKI, waktu masih cukup,” katanya.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mempunyai 18 kursi di DPRD DKI hanya tinggal mencari pasangan untuk Triwisaksana (Sani). Jika akhirnya PKS dan PD tidak berkoalisi, PKS sudah mempunyai alternatif Cagub DKI yaitu mantan Presiden PKS, Hidayat Nur Wahid.

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.