INTERVENSI WARGA TERHADAP GUGATAN PERGUB NO. 88 TAHUN 2010 DI PN JAKARTA PUSAT ?Kepentingan Umum Merupakan Sebuah Keharusan?

By on June 21, 2011. Posted in .


Pergub No. 88 Tahun 2010 yang dikeluarkan oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta pada sekitar 13 April 2010 dan mulai berlaku sejak tanggal 6 Mei 2010 secara prinsipil merupakan bentuk nyata kepedulian Gubernur Fauzi Bowo terhadap pemenuhan hak atas kesehatan warga Jakarta khususnya perlindungan warga dari paparan asap rokok orang lain. Pergub ini secara jelas memberikan pelarangan bagi perokok untuk merokok di tempat-tempat umum seperti sekolah, restaurant, mall, tempat kerja dan angkutan umum.?
Sebagaimana dikutip dalam pertimbangan hukum yang termuat dalam Putusan Sela, ?Barang siapa mempunyai kepentingan dalam suatu perkara perdata yang sedang berjalan antara pihak-pihak lain dapat menuntut untuk menggabungkan diri atau campur tangan?.
Oleh karena itu, apa yang telah diputuskan oleh Majelis Hakim perkara diatas dengan memperkenankan SAPTA INDONESIA menjadi salah satu pihak (PENGGUGAT INTERVENSI) adalah telah sesuai dan dinilai sangat pas sekali. Majelis Hakim memperkenankan masuknya SAPTA INDONESIA secara independent (menggunakan metode Tussenkomst), yang berarti bahwa SAPTA INDONESIA masuk untuk dan atas kepentingannya sendiri, dan tidak untuk kepentingan Penggugat ataupun Tergugat.
Berdasarkan data-data diatas, maka kami sampaikan hal-hal sebagai berikut :

1. Bahwa apa yang dilakukan oleh SAPTA INDONESIA adalah mewakili kepentingan warga Jakarta bukan kepentingan beberapa orang semata, sehingga Putusan Sela yang dijatuhkan oleh Majelis Hakim dengan memperkenankan masuknya SAPTA INDONESIA pada perkara diatas, merupakan bentuk kepedulian Majelis Hakim terhadap kepentingan umum juga;

2. Pergub No. 88 Tahun 2010 tentang Kawasan Dilarang Merokok merupakan regulasi yang tepat untuk melindungi warga dari paparan asap rokok perokok, terlebih keberadaan Jakarta sebagai Ibu kota negara, sehingga besar harapan kami, keberhasilan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mewujudkan SMOKE FREE CITY nantinya akan menjadi acuan bagi banyak daerah lain di Indonesia;

Demikian Siaran Pers ini kami buat.
CP : Tubagus Haryo Karbyanto (0812 948 9558)
Sapta Indonesia (021 856 9008)

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.