JAKARTA BELUM BERSIH REKLAME ROKOK

By on September 23, 2016. Posted in .

aKabar7, Jakarta – Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Larangan Penyelenggaraan Reklame Rokok dan Produk Tembakau Pada Media Luar Ruang, nampaknya belum menyurutkan industri rokok untuk beriklan dan mengembangkan profit dari kegiatan promosinya. Meski larangan tersebut diberlakukan sejak 1 Januari 2016, namun beberapa iklan reklame industri tembakau masih terlihat di Ibu Kota Jakarta.

Pantauan Kabar7 di Jakarta, Jumat (23/9/2016) menunjukkan ada papan iklan reklame dalam bentuk videotron (media yang menayangkan video dengan LED) masih mengiklankan produk tembakau. Papan reklame elektronik tersebut terletak di pertigaan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Namun, iklan tersebut tidak secara langsung mempromosikan produk dari tembakau, melainkan melalui kemasan program acara yang disponsori langsung oleh industri rokok.

Ketua Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) Azas Tigor Nainggolan menilai, meskipun iklan tersebut secara tidak langsung mengiklankan produk rokok, namun berdasarkan pada warna dan nama iklan terlihat bahwa iklan tersebut juga mempromosikan produk rokok.

“Di sana (papan reklame, red) terlihat bahwa iklan tersebut menggunakan warna yang sama, dengan produk rokok dan mengambil nama acara yang menggunakan nama rokok tersebut,” kata Azas Tigor kepada Kabar7 di Jakarta, Jumat (23/9).

Dia mengungkapkan, berdasarkan pada hasil survey FAKTA, lokasi iklan tersebut berdekatan dengan fasilitas umum, di antaranya sarana ibadah, sarana pendidikan, dan fasilitas kesehatan.

“Tentunya, ini menggambarkan sasaran dari iklan tersebut,” tandasnya.(bima)

Sumber: http://kabar7.com/detail/jakarta-belum-bersih-reklame-rokok/15471/2016-09-23
Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.