Jalan Layang Becakayu Jadi Koridor Busway

By on April 4, 2011. Posted in .

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI, Udar Pristono, pihaknya mengusulkan hal itu pada Kementerian Perhubungan. Menurut Pristono, penggunaan proyek jalan layang yang telah mangkrak sejak 1998 ini sangat dimungkinkan.

Mengingat untuk pembangunan jalan layang busway hanya dibutuhkan jalan selebar 7 meter. Lebih lanjut Pristono, mengatakan pembangunan koridor XV merupakan kebijakan strategis untuk menekan jumlah kendaraan daerah mitra masuk ke Jakarta. ?Saya telah ajukan usulan ini. Sehingga nantinya masyarakat dari Bekasi bisa manfaatkan busway dan tidak lagi gunakan mobil pribadinya ke Jakarta,? ucap Pristono, Minggu (3/4).

Melalui jalan layang, Pristono menilai operasional busway akan lebih optimal. Terlebih dari rencana awal, pihakya akan menggunakan bus gandeng yang berkapasitas 180 orang untuk mengangkut penumpang. ?Jika kita mampu merealisasikan waktu kedatangan setiap bus 5 menit maka setiap jam akan mampu mengangkut 2.240 penumpang,? ungkap Pristono.

Sementara itu hal senada juga diungkapkan Sutanto Soehodo, Deputi Gubernur DKI Bidang Transportasi, Industri dan Energi. Namun menurutnya untuk melanjutkan proyek Becakayu untuk busway dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sehingga masih harus dilakukan kajian yang lebih matang. Utamanya terkait nilai investasi. Apakah pembangunan ini bernilai ekonomi atau tidak.

Meski sebagai pemerintah Pemprov DKI harus memfasilitasi masyarakatnya. Pasalnya pemprov juga memiliki keterbatasan dana. ?Jangan sampai investasi ini akhirnya berbalik dibebankan ke masyarakat,? kata Sutanto.

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.