Jokowi/Ahok Ajukan Gugatan ke PN Jakpus Minta Pemilukada Ditunda

By on June 12, 2012. Posted in .

Permohonan penundaan pemilukada ini disampaikan tim kuasa hukum pasangan Jokowi-Ahok ketika mendaftarkan gugatan ini ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (11/6). ?Saya mewakili tim advokasi Jakarta Baru (Jokowi-Ahok-red) ini menggugat KPUD karena banyaknya kejanggalan terutama soal selisih DPT,? kata Habibburokhman.

Kepada wartawan ia menjelaskan dalam gugatan class action tersebut, cagub Jokiwi-Ahok meminta majelis hakim agar penundaan pelaksanaan pemilukada hingga masalah DPT ini selesai. Ia manambahkan bila dasar gugatan tersebut mengacu pasal 18 ayat (4) UUD 1945 dan pasal 56 ayat 1 UU No 32/2004 tentang Pemerintah Daerah.

Terkait soal DPT, ia memberikan contoh seperti adanya NIK ganda atau satu nama memiliki beberapa NIK dan satu NIK ada beberapa nama. Apalagi juga ada beberapa anggota masyarakat yang tidak terdaftar dalam DPT.

Pada Sabtu 2 Juni lalu, KPU DKI menetapkan DPT untuk Pemilukada DKI, Sedangkan jumlah calon pemilih yang terdaftar dalam DPT sebanyak 6.982.179 orang. Namun penetapan ini ditolak oleh lima pasangan calon karena banyak dijumpai pemilih ganda dan fiktif.

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.