Kampung Penas Deklarasi Kampung Warna-Warni

By on March 24, 2017. Posted in .

23-03-17_17.10_.252645_Kampung Penas Tanggul mendeklarasikan untuk membuat kampung warna-warni dan tanpa rokok

JATINEGARA– Bantaran kali sering dianggap sebagai kawasan yang kumuh dan sering diterjang banjir. Opsi penggusuran pun tetap menjadi pilihan utama pemangkuk kepentingan untuk menata kawasan bantaran kali. Namun, banyak terjadi kontroversi terkait kebijakan tersebut karena dianggap menghilangkan hak asasi manusia warga yang menghuni bantaran kali tersebut.

Berangkat dari hal tersebut,  warga bantaran Kali Cipinang di Jalan Pancawarga 30 RT 015 RW 002 Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur, berinisiatif untuk mengubah pola pikir masyarakat yang menganggap pemukiman di bantaran kali sebagai kawasan kumuh.

Ketua Lembaga Masyarakat Kelurahan (LMK) RW 002 Cipinang Besar Selatan, Sail menyampaikan, untuk membuktikan  hal itu, warga yang tinggal di kampung bernama Penas Tanggul mendeklarasikan untuk membuat kampung warna-warni dan tanpa rokok.

“Jadi kita lakukan secara bertahap untuk menuju kampung warna-warni dan bebas dari asap rokok ini,” ujar Sail kepada infonitas.com, di lokasi, Kamis (23/3/2017).

Sail menambahkan, program kampung warna-warni dan bebas asap rokok ini dilakukan secara bertahap dan sempat mendapat penolakan dari beberapa warga. Namun, dengan melaksanakan musyawarah untuk mufakat, seluruh warga akhirnya berkomitmen untuk menjadikan Kampung Penas Tanggul ini sebagai kampung warna-warni dan bebas asap roko pertama di Jakarta.

“Jadi kita jelaskan bahaya dan dampak dari merokok hingga akhirnya mereka yang menolak perlahan mengerti dan memahami,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Forum Warga Kota Jakarta (Fakta) Azas Tigor Nainggolan menyampaikan, deklarasi warga yang komitmen untuk membuat kampung warna-warni serta bebas dari asap rokok, merupakan salah satu bentuk advokasi perlindungan bagi wanita dan anak-anak yang sadar dari bahaya yang ditimbulkan oleh rokok.

“Ini bukan seremional saja, tapi komitmen. Ibu-ibu juga jadi berani galak sama suaminya buat ngelarang merokok karena sadar bahaya yang ditimbulkan,” ujar pria yang akrab disapa Tigor.

 

sumber: http://infonitas.com/cibubur/laporan-utama/kampung-penas-deklarasi-kampung-warna-warni/38582

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.