Kondisi 17 Blok Rusun Memprihatinkan

By on December 8, 2011. Posted in .

Hal tersebut terjadi di 11 blok rusun di Marunda, Jakarta Utara dan 6 blok di Jalan Komarudin Raya, Jakarta Timur. Rusun di Marunda dibangun Dirjen Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum. Sedangkan 6 blok di Jalan Komarudin, Jaktim, dibangun Kementrian Perumahan.

Rusun Marunda selesai dibangun sejak tiga tahun lalu. Begitu pula dengan 6 blok rusun di Jalan Komarudin.

Rusun Komarudin saat ini sudah ditumbuhi semak setinggi 1,5 meter. Bahkan, turap penampungan air yang ada di tengah-tengah rusun sudah ambrol.

?Yang parah adalah kabel instalasi listrik di rusun itu sudah dijarah semuanya. Lihat saja, tidak ada kabel listrik di dalam rusun itu,?kata Sapto, salah satu warga, kemarin.

Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah DKI Jakarta H. Agus Subandono, mengatakan pihaknya sudah lama mengetahui persoalan tersebut. Namun, Pemprov tidak bisa berbuat banyak karena berada di bawah kewenangan pusat (Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat).

Sementara itu, Sayog Hendrosubroto, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, mendesak agar seluruh rusun tersebut diserahkan pengelolaannya kepada pemerintah daerah. ?Supaya tidak mubazir. kalau terlalu lama maka akan menimbulkan kerugian lebih besar sebab harus direhab lagi,?tandasnya.

Banyak warga kurang bermintat tinggal di rusun tersebut karena fasilitasnya yang masih minim.(john/b)

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.