Layanan Transjakarta terus memburuk dan berbahaya

By on May 6, 2014. Posted in , .

astina15~11JAKARTA, Layanan bus Transjakarta (bus TJ) terus memprihatinkan. Hampir setiap hari ada saja bus TJ yang mogok karena rusak mesin saat beroperasi. Begitu pula ada saja kasus bus TJ yang terbakar saat beroperasi.

Buruknya pelayanan bus TJ bukan barang baru atau berita mengejutkan. Tapi berita bus TJ mogok atau terbakar jadi komsumsi biasa harian warga Jakarta. Pertanyaannya adalah saat ini seperti apa operasional dan perawatan bus kebangga Jakarta tersebut.

Hari ke hari ternyata memang bukan tambah baik tetapi tambah buruk dan membahayakan pengguna bus TJ. Hari ini saja salah satu bus Transjakarta di Koridor VII Kampung Rambutan-Kampung Melayu melaju dengan pintu belakang terbuka sehingga membahayakan para penumpangnya. Deperti dikabarkan Kompas.com  Selasa (6/5/2014) pagi. bus abu-abu tersebut melaju dari selter Pasar Rebo memasuki selter Rumah Sakit Harapan Bunda yang terletak di Jalan Raya Bogor. Selepas dari selter itu, pintu belakang bus tidak mau menutup lagi.

Petugas yang berada di pintu tengah bus tersebut sempat memerintahkan penumpang untuk mendorong paksa pintu bus. Namun, usaha penumpang tak berbuah hasil. Bus pun tetap melaju ke selter berikutnya dalam kondisi pintu yang terbuka.

Petugas kemudian menghampiri pintu bus dan berusaha untuk mendorong pintu itu agar tertutup. Namun, usaha itu juga tidak berbuah hasil.

Kondisi itu cukup membahayakan. Sebab, persis di depan pintu bus, terdapat beberapa orang penumpang.

“Hati-hati kepada para penumpang, pintunya rusak,” ujar sang petugas sambil kembali berjalan ke pintu tengah bus.

Setelah memberikan peringatan, petugas sempat membiarkan pintu itu terbuka dalam keadaan bus tengah melaju. Untungnya, selang lima menit kemudian, akhirnya pintu dapat ditutup rapat.

Beroperasinya bus TJ dan melaju  cepat dengan pintu terbuka jelas sebuah pelanggaran berat yang harus ditindak operatornya. Bagaimana pengelola Transjakarta atau Pemprov Jakarta menyikapa pelanggaran?

Banyak bus TJ yang sering mogok atau terbakar dan beroperasi secara tidak aman ini harusnya disikapi secara tegas oleh Pemprov Jakarta sebagai pelaku usaha layanan publik tersebut. Setidanya masalah ini disebabkan lemahnya kontrol kualitas bus TJ yang akan beroperasi oleh Badan Pengelolanya. Sering terjadi, berulang dan bertambah parah buruknya itu menunjukkan bahwa Badan Pengelola TJ dan pemprov terkesan membiarkan.

Pembiaran ini membuat para operator bus TJ semaunya mengoperasikan armadanya tanpa memperhatikan kenyamanan dan kemanan penggunanya. Sampai kapan layanan buruk dan berbahaya bus TJ akan berakhir? Kapan Transjakarta jadi aman dan nyaman pelayanannya? Itu harapan warga Jakarta pengguna angkutan umum. (atn)

IMG-20140328-04657

Penulis: Azas Tigor Nainggolan

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.