MASIH ADA REKLAME ROKOK DI JAKARTA

By on September 23, 2016. Posted in .

a a2

Jakarta, Pasca diterbitkannya Peraturan Gubernur nomor 1 tahun 2015 tentang Larangan Penyelenggaraan Reklame Rokok dan Produk Tembakau Pada Media Luar Ruang yang isinya melarang semua jenis reklame rokok di Jakarta semua reklame rokok di Jakarta dilarang dipasang. Efektif mulai 1 Januari 2016 peraturan ini mulai diberlakukan. Kami memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang telah mengeluarkan Pergub ini.
Tapi benarkah Jakarta sudah bersih dari reklame rokok?
Berdasarkan hasil temuan FAKTA bahwa masih ada reklame berupa videotron yang masih mengiklankan rokok. Iklan tersebut memang tidak secara langsung mengiklankan rokok melainkan acara yang disponsori oleh perusahaan rokok. Akan tetapi jelas disitu terlihat bahwa iklan tersebut menggunakan warna yang sama dengan produk rokok dan mengambil nama acara yang menggunakan nama rokok tersebut.
Jelas sekali bahwa iklan tersebut adalah iklan rokok.
Iklan yang terletak di pertigaan antara lapangan banteng, Katedral dan Istiqlal tersebut jelas melanggar Pergub no. 1 tahun 2015. Berdasarakan survey FAKTA pada tahun 2015 94% lokasi iklan adalah akses dari dan ke tempat ibadah, ini merupakan urutan pertama jika dibandingkan dengan sekolah 91% dan fasilitas kesehatan 67%. Tentunya ini menggambarkan sasaran dari iklan tersebut.

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.