Menuntut Tanggung Jawab Presiden Terhadap Warganya!

By on October 21, 2011. Posted in .

Dalam periode satu tahun terakhir, acapkali terdengar beragam tuntutan dari warga negara Indonesia terhadap Presiden Republik Indonesia (yang saat ini dijabat oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono) untuk segera mundur dari jabatannya karena dianggap tidak memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan taraf hidup warga negaranya khususnya peningkatan taraf hidup warga miskin.

Presiden (SBY) dipilih oleh rakyat untuk melaksanakan tujuan negara sebagaimana tertuang dalam Pembukaan UUD 1945, yakni melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.?? Namun, fakta yang terjadi justru sebaliknya, harga bahan makanan yang mahal, biaya pendidikan yang tinggi, pekerjaan yang sulit didapat, maraknya tindak pidana, tindak korupsi yang merajalela, tidak adanya jaminan keamanan dalam menjalankan ibadah, sampai minimnya perlindungan terhadap para TKI, serta hal-hal lain yang semakin membuat masyarakat miskin tersisih dalam kehidupan bernegara. Keseluruhan fakta diatas menjadi bukti bahwasanya SBY? telah gagal memenuhi hak rakyat atau melaksanakan kewajiban konstitusionalnya dan secara moral harus bertanggungjawab atas semua keadaan sulit yang dialami oleh warga negara Indonesia.
Atas dasar itulah, pada tanggal 28 September 2011, 9 (sembilan) orang warga negara Indonesia yang tergabung dalam Solidaritas Rakyat Menggugat SBY (Solidaritas RAMES) mengajukan gugatan Perbuatan Melawan Hukum melalui mekanisme Citizen Law Suit terhadap Presiden Republik Indonesia, Wakil Presiden Republik Indonesia, serta 11 (sebelas) orang Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II yang tugas pokoknya berkaitan dengan pelayanan publik secara langsung di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Dalam gugatan yang terdaftar dengan nomor register 391/PDT.G/PN.JKT.PST, Penggugat melalui Kuasa Hukumnya, mengajukan beberapa tuntutan sebagaimana termuat dalam petitum gugatan :
1.??? Menyatakan Presiden Republik Indonesia (yang pada saat ini dijabat oleh SUSILO BAMBANG YUDHOYONO) bersalah karena terbukti telah melakukan Perbuatan Melawan Hukum karena gagal melaksanakan kewajiban hukumnya untuk memenuhi hak konstitusi rakyat Indonesia;

2.??? Menghukum Presiden Republik Indonesia karena salahnya untuk meminta maaf kepada rakyat Indonesia karena gagal melaksanakan kewajiban hukumnya untuk memenuhi hak konstitusi rakyat Indonesia melalui siaran pers yang dilaksankan oleh Presiden Repubik Indonesia didampingi dengan para menterinya;

3.??? Menghukum Presiden Republik Indonesia untuk mengganti dan/atau me-reshuffle susunan Kabinet Indonesia Bersatu Jilid 2 baik sebahagian dan/atau seluruhnya khususnya terhadap para menteri yang dianggap tidak memiliki kemampuan untuk menjalankan amanat UUD 1945;

Gugatan ini pada dasarnya tidak dimaksudkan untuk melenngserkan SBY dan para menterinya, tetapi lebih pada pembelajaran hukum bagi masyarakat Indonesia bahwa mereka memiliki hak untuk mempertanyakan kembali kewenangan memimpin negeri yang telah mereka percayakan pada Presiden, termasuk pada menteri-menterinya.

Demikian Siaran Pers ini, Terima kasih,
Jakarta, 26 Oktober 2011
Hormat kami
Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA)
Solidaritas Masyarakat Menggugat SBY (Solidaritas RAMES)

Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) adalah sebuah organisasi independent, yang menjadi wadah bagi masyarakat yang peduli terhadap perlindungan hak-hak asasi bagi warga miskin kota Jakarta, serta mendukung pemerintah dalam konteks peningkatan taraf hidup warga miskin kota. Anggota FAKTA terdiri dari masyarakat, penggiat hukum khususnya Advokat dan Asisten Advokat yang berasal dari Perguruan Tinggi, NGO berbasis Hak Asasi Manuasia, Praktisi hukum, dst yang mendedikasikan diri, waktu dan tenaga serta pikirannya? untuk melakukan kerja-kerja advokasi secara pro bono dalam bidang kemasyarakat.

Solidaritas Masyarakat Menggugat SBY (Solidaritas RAMES)? adalah kumpulan warga sipil Indonesia khususnya yang ada di jakarta baik NGO, maupun individu yang peduli terhadap kerja-kerja advokasi demi melindungi hak-hak konstitusi warga negara Indonesia termasuk mengawasi jalannya sistem pemerintahan agar pro masyarakat. Solidaritas masyarakat ini bersifat egaliter dan dikoordinasi oleh anggota secara bergiliran sesuai dengan kebutuhan lembaga dan jaringan.

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.