Naikkan Harga Rokok Sekarang Juga.

By on October 6, 2017. Posted in , , .


(Siaran Pers, untuk diwartakan segera).

Terus meningkatnya perokok di kalangan remaja dan perempuan di Indonesia sudah sangat memprihatinkan. Kondisi ini jika terus dibiarkan tanpa upaya pencegahan atau menekan pertumbuhannya akan membahayakan bangsa ini. Sangat mungkin masa depan Indonesia adalah penuh masalah penyakit di kalangan masa depan bangsa ini. Tidak mungkin juga Indonesia akan terus memboroskan anggarannya untuk membiayai pengobatan rakyatnya karena perokok aktif dan pasif.

Belajar dari pengalaman yang ada misalnya di Perancis mulai tahun 1980-an menerapka kebijakan menaikan harga rokok disana. Nah dampak dari upaya kebijakan menaikan harga rokok ini mulai dirasakan hasilnya. Setidaknya hingga tahun 2010 Perancis terus menaikkan harga rokok dan menghasilkan penurunan jumlah perokok. Selain itu juga di Perancis hingga saat ini terus menurun penyakit akibat merokok dan asap rokok. Nah dampak positifnya lagi adalah anggaran pengeluaran untuk membiayai keperluan pengobatan akibat merokok dan asap rokok pun menurun.

Nah belajar dari fakta pengalaman kebijakan pemerintah Perancis, bisa juga kita membuat kebijakan yang sama di Indonesia. Sebaiknya pemerintah Indonesia menerapkan juga menaikkan harga rokok dengan menaikkan tarif cukai terhadap rokok. Belajar dari pengalaman Perancis, ketika harga naik maka akan menekan pertumbuhan angka perokok dan menurunkan biaya kesehatan negara. Untuk itu mari pemerintah Indonesia segera naikkan tarif cukai rokok dan menaikkan harga rokok untuk menekan pertumbuhan angka perokok baru juga menekan pemborosan penggunaan anggaran negara untuk pengobatan penyakit akibat merokok dan asap rokok.

JAKARTA, 6 Oktober 2017
Azas Tigor Nainggolan.
Ketua Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA)

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.