No. Reg Rilis 011/RLS/I/2019. Release Lelang Jabatan Kadishub Jakarta. Catatan Singkat tentang Jabatan Kadishub Jakarta.

No. Reg Rilis 011/RLS/I/2019

Release Lelang Jabatan Kadishub Jakarta.
Catatan Singkat tentang Jabatan Kadishub Jakarta.

Pergantian jabatan kepala dinas di jajaran pemerintah provinsi (pemprov) Jakarta sudah berjalan di beberapa posisi. Tetapi sampai sekarang posisi yang belum memiliki kepala dinas (kadis) adalah dinas Perhubungan. Sampai jabatan kepala dinas perhubungan (Kadishub) masih dipegang oleh PLT Kadishub sejak 25 September 2018 lalu. Memang perlu hati-hati dalam menentukan siapa pejabat yang tepat dan mumpuni untuk tugas sebagai Kadishub Jakarta. Seorang Kadishub tantangan terberat dan sudah lama adalah membantu gubenur membuat Jakarta agar tidak macet dan memiliki akses transportasi umum terintegrasi baik. Cara lelang ini dimandatkan oleh Peraturan Pemeribtah (PP) nomor: 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Aparatur Sipil Negara. Dalam PP nomor:11 tahun 2017 dikatakan bahwa pengadaan pejabat tinggi Pratama, dalam hal ini jabatan setingkat kepala dinas (kadis) dapat dilakukan secara seleksi terbuka. Menurut PP nomor:11 tahun 2017 juga dikatakan seorang pejabat yang menduduki jabatan pejabat tinggi Pratama haruslah memenuhi kompetensi jabatannya yakni dari sisi pendidikan serta pengalaman kerja agar profesional.

Sudah cukup lama posisi Kadishub Jakarta kosong sementara persoalan transportasi Jakarta terus menjadi sorotan publik dan presiden. Posisi seorang Kadishub Jakarta sangat strategis karena dia harus juga membangun bukan saja untuk transportasi Jakarta tetapi kebijakannya memiliki dampak positif membantu kota sekitar Jakarta seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Seorang Kadishub Jakarta kemampuan dan perspektifnya bukan hanya Jakarta tetapi juga adalah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Gubernur Jakarta harus mendapatkan seorang Kadishub yang berkualitas yang punya kompetensi, pengetahuan dan pengalaman di bidang transportasi Jabodetabek secara baik. Perlu cara obyektif serta terbuka untuk mencari dan mendapatkan Kadishub Jakarta. Salah satu caranya adalah gubernur Jakarta bisa melakukan lelang jabatan Kadishub Jakarta. Melalui cara lelang jabatan ini pencarian dan pemilihan seorang Kadishub dapat dengan obyektif serta cepat dilakukan. Sudah terlalu kosong jabatan sebagai Kadishub Jakarta sehingga gubernur harus segera menetapkan Kadishub definitif sebab masalah transportasi Jakarta terus bertambah berat butuh pemecahannya. Cara lelang ini memberi peluang gubernur dan melibatkan warga Jakarta mendapatkan banyak alternatif calon Kadishub. Banyaknya alternatif calon Kadishub akan memberi kesempatan memilih yang terbaik pejabat Kadishub Jakarta. Jadi mari segera gubernur Jakarta membuka dan melakukan lelang jabatan Kadishub Jakarta.

 

Jakarta, 16 Januari 2019.
Analis Kebijakan Transportasi dan Ketua Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA).

Print Friendly, PDF & Email