No. Reg Rilis 033/RLS/V/2019 – STOP PELANGGARAN KAWASAN DILARANG MEROKOK (KDM) DI CITOS.

No. Reg Rilis 033/RLS/V/2019

STOP PELANGGARAN KAWASAN DILARANG MEROKOK (KDM) DI CITOS.

Jakarta, 3 Mei 2019

Mal Cilandak Town Square (Citos) selama ini memang dikenal sebagai Mal “surga” bagi para perokok. Bila kita berkunjung kita akan mudah menemui para perokok yang merokok dengan santai dan bebasnya dimanapun mereka suka. Apakah itu di selasar maupun di beberapa restoran yang ada di Mal tersebut yang itu masih merupakan ruang tertutup di Mal Citos.

Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) telah melakukan beberapa kali survey dan menyurati Mal Citos dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tentang pelanggaran Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 88 Tahun 2010 Tentang Perubahan Peraturan Gubernur No. 75 Tahun 2005 Tentang KDM ini. Namun bila dilakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) pelanggaran bisa ditekan pada waktu Sidak saja. Hari berikutnya kembali lagi Mal dan Tenan di Mal Citos membolehkan orang kembali merokok di dalam ruangan.

Melihat hal tersebut maka FAKTA melakukan gugatan terhadap Pemprov. DKI Jakarta dan Mal Citos menjadi Turut Tergugat. Namun dalam perjalanan dalam persidangan ada itikat baik dari Pemprov. DKI Jakarta dan Mal Citos untuk memperbaiki situasi di Mal Citos.

Oleh sebab itulah pada tanggal 26 Februari 2019 telah terjadi Kesepakatan Damai No. 438/PDT.G/2018/PN.JKT.PST. Di dalam kesepakatan tersebut juga disebutkan bahwa Penggugat dan Tergugat maupun Turut Tergugat bisa membentuk Tim Pengawas Penegakkan dari Kawasan Dilarang Merokok di Mal Citos.

Atas dasar kesepakatan di atas kami mengajak kepada seluruh Tenan dan Warga masyarakat pengunjung Mal Citos untuk sama-sama menjaga kesepakatan yang telah disepakati bersama antar Mal Citos, Pemprov. DKI Jakarta dan FAKTA. Mari kita wujudkan udara sehat bebas dari asap rokok bagi pengunjung Mal Citos.
Demikian Rilis ini kami sampaikan.

Hormat kami,
Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA)

Print Friendly, PDF & Email