No. Reg Rilis 050/RLS/VII/2019 – ROKOK MEMBUNUH ANAK INDONESIA

Pernyataan pers: untuk segera disebar/dimuat

No. Reg Rilis 050/RLS/VII/2019

ROKOK MEMBUNUH ANAK INDONESIA

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional kami Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) menuntut kepada presiden RI utuk mengganti Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Alasannya yaitu Menteri Kesehatan telah gagal melindungi anak Indonesia dari bahaya zat adiktif nikotin (rokok).

Sejak awal kepemimpinan Nila Moeloek di Kementerian Kesehatan pada tahun 2014 sampai 2019 terbukti Menteri Kesehatan gagal total untuk memenuhi Rencana Pembanguan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yang mentargetkan penurunan prevalensi perokok anak yaitu sebesar 5,4%. Pada kenyataannya justru berdasarkan RISKESDAS 2018 naik pesat sebesar 9,1% dari angka sebelemnya 7,2% (2013). Jelas ini sebuah kemunduran DAHSYAT sepanjang sejarah kesehatan (anak) Indonesia. Untuk mengapresiasi prestasi ini FAKTA menganugerahkan Penghargaan ASBAK KOTOR UNTUK INDONESIA 2019

Apresiasi ini sebagai peringatan kepada seluruh bangsa Indonesia bahwa ANAK INDONESIA terancam hak hidup dam kesejahteraannya. Untuk itu kami Menuntut dan Mendesak kepada Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. Joko Widodo:

  1. Untuk segera mengaksesi Framework Convention on Tobacco Control (FCTC) sebagai bagian dari amanat kesepakatan Global Sustainable Development Golas (SDGs) dan implementasi Konvensi Internasional ttg Perlindungan Anak
  2. Untuk segera bertindak untuk melakukan pencegahan dan pelarangan terhadap munculnya produk tembakau alternatif (vape) yang tidak lebih baik dari produk tembakau konvensional (rokok).
  3. Untuk tidak memilih Menteri Kesehatan yang sama untuk periode mendatang
  4. Untuk memilih Menteri Kesehatan periode 2019-2024 yang berani dan lantang menyuarakan isu kesehatan terutama isu pengendalian tembakau den terwujudnya SUMBER DAYA MANUASIA (ANAK) UNGGUL untuk INDONESIA MAJU.

Demikian Pernyataan Pers ini 

Jakarta, 26 Juli 2019

Hormat kami,

Forum Warga Kota Jakarta

Azas Tigor Nainggolan, SH, MSi, MH.
Ketua (0813-8182-2567)

Print Friendly, PDF & Email