No. Reg Rilis 057/RLS/IX/2018. Janji Politik Cuma Janji Aja!

No. Reg Rilis 057/RLS/IX/2018

Janji Politik Cuma Janji Aja!

Belakangan peran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) lebih aktif dalam upaya penegakan peraturan Daerah No. 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum di kawasan Jalan Matraman Raya. Alasan penertiban dilakukan atas tindak lanjut pelaporan warga. Padahal tanpa adanya pelaporan warga harusnya sudah menjadi kewajiban Satpol PP untuk menegakan sesuai amanat Peraturan Pemerintah no 16 Tahun 2016 pasal 5, yang menjadikan persoalan adalah bukan pada penertibannya melainkan, bagaimana mencarikan jalan keluar terbaik bagi masyarakat dan pemerintah.

Hal ini juga bisa menggiatkan kegiatan preventif bagi masyarakat agar tidak lagi menjadi tokoh buruk dalam upaya penegakan Perda. Padahal keseharian Satpol PP Kecamatan Jatinegara berjaga di sekitar Pasar Ikan dan hanya memperingatkan untuk mundur dibelakang garis kuning. Hal ini terlihat tidak konsekwennya Satpol PP menegakan Perda. Apapun alasan pelangaran Perda harus tetap dilakukan penegakan namun harus juga mencari jalan keluar untuk Pedagang tetap bisa berdagang untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Janji pemberdayaan usaha kecil menengah itu juga dijanjikan saat masa kampanye Gubernur DKI. Namun, dengan berjalannya waktu Gubernur terpilih yang telah menjanjikan untuk meningkatkan usaha kecil tidak kunjung nyata. Senada dengan hal tersebut, proses penggusuran yang terus menimpa pedagang Kaki Lima Jatinegara. Sebagai LSM Perkumpulan Warga Kota Jakarta (FAKTA) mengutuk tindakan pengusuran dan meminta Gubenur Anis Baswedan untuk menepati janji-janji dalam kampanye politik pemilihan Gubenur DKI Jakarta.

Ary S Wibowo
Div Advokasi dan Litigasi

Print Friendly, PDF & Email