No. Reg Rilis 063/RLS/X/2018. Catatan Singkat tentang Penegakan Kawasan Tanpa Rokok di Jakarta.

No. Reg Rilis 063/RLS/X/2018

Catatan Singkat tentang Penegakan Kawasan Tanpa Rokok di Jakarta.

Bertemu dan berdiskusi bersama bung Marco Kusumawijaya dan Irvan Pulungan dari TGUPP tentang Penegakan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) serta Rancangan Perda KTR. Kami dari FAKTA, YLKI dan Komnas PT menyampaikan informasi penurunan penegakan Kawasan Tanpa Rokok (KTR), rancangan Perda KTR dan partisipasi publik dalam menegakan KTR.

Kami mendorong dan mengadvokasi agar Jakarta Sehat dan menyehatkan warga. Kami mengadvokasi agar pemprov Jakarta mendorong Jakarta memiliki Perda KTR untuk melindungi warga Jakarta bebas serta dilindungi dari bahaya asap rokok orang lain.

Pembahasan dan advokasi Perda KTR ini sudah berjalan selama 6 tahun, setiap tahun masuk dalam pembahasan di DPRD dan Pemprov Jakarta. Selama 6 tahun itu juga Perda KTR tak kunjung disahkan sebagai bukti nyata ada kehadiran pemprov dalam melindungi warga agar hak asasinya mendapatkan udara bersih sehat diberikan.

Di tengah upaya advokasi Perda KTR ini, pelanggaran Kawasan Dilarang Merokok (KDM) seperti diatur dalam Perda nomor 2 tahun 2005 tentang pengendalian Pencemaran Udara. Saat ini orang serasa bebas saja merokok dan tanpa pengawasan penegakan KDM. Melihat ini kami Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) melakukan gugatan terhadap gubernur Jakarta dan salah satu mal yang penuh asap rokok, Mal Citos.

Jakarta Sehat dan Bebas dari Asap Rokok adalah sebuah keharusan. Sebagai warga yang tidak merokok saya sangat terganggu dan menjadi korban dari asap rokok orang lain yang sering ada di sekitar saya. Salah satu akibatnya juga adalah minggu lalu saya 4 hari opname di rumah sakit karena alami radang di tenggorokan. Sudah saatnya Jakarta Sehat dan bersih bebas dari asap rokok.

 

Jakarta, 15 Oktober 2018
Azas Tigor Nainggolan, Ketua Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA).

Print Friendly, PDF & Email