No. Reg Rilis 077/RLS/XI/2018. Banyak Harapan adanya Perbaikan Tata Kelola dalam Uji Publik RPM Angkutan Sewa Khusus di Kota Batam.

No. Reg Rilis 077/RLS/XI/2018

Banyak Harapan adanya Perbaikan Tata Kelola dalam Uji Publik RPM Angkutan Sewa Khusus di Kota Batam.

Meminta masukan untuk menata regulasi Angkutan Sewa Khusus (ASK) atau Taksi Online, demikian tujuan Uji Publik Rancangan Peraturan Menteri Perhubungan (RPM) ASK pada hari Sabtu ini. Uji Publik dihadiri oleh para driver, pelaku usaha taksi online, Organda, Kepolisian dan Pemda Kepri.

Dialog berjalan hangat dan bersemangat karena tingkat kekerasan terhadap taksi online di Batam cukup tinggi. Para driver dan pelaku usaha taksi online bercerita banyak pengalaman kekerasan yang terjadi terhadap mereka saat beroperasi. Banyak terjadi keanehan dan membingungkan dalam menata operasional taksi online di Batam. Para driver bercerita bahwa pihak Pemda dan kepolisian setempat bisa melakukan penilangan atau penangkapan terhadap taksi online berdasarkan notulensi rapat dengar pendapat di DPRD Batam.

Banyak juga masukan yang disampaikan untuk melengkapi dan memperbaiki isi rancangan regulasi baru dari RPM ASK yang sedang disusun. Para peserta Uji Publik sepakat bahwa diperlukan regulasi untuk tata kelola ASK atau taksi online. Semua berharap agar regulasi ASK yang baru dapat melindungi hak pengguna dan pengemudi serta usaha taksi online. Melalui regulasi pemerintah bisa menegakan, mengatur dan mengawasi tata kelola dan pelayanan taksi online berkeselamatan, aman, nyaman dan terjangkau.

(Astina, di Batam 10 November 2018)

Print Friendly, PDF & Email