No. Reg Rilis 088/RLS/XII/2018 Teknologi Media Sosial. Catatan Singkat tentang Kemudahan dan kemanjaan yang diberikan media sosial.

No. Reg Rilis 088/RLS/XII/2018

Teknologi Media Sosial.

Catatan Singkat tentang Kemudahan dan kemanjaan yang diberikan media sosial.

Teknologi sosial media memang mengasyikan dan memanjakan serta memudahkan publik penggunanya. Tanpa sadar kita bisa dibawa oleh teknologi media sosial pada keindahan juga keburukan masa kini atau juga masalah lalu hidup kita. Rekam jejak kita akan tinggal dan mudah diakses di media sosial.

Begitulah caranya sosial media memanjakan penggunanya, memudahkan juga menyulitkan Kuta. Saat tertentu kita akan mendapatkan informasi ulang tentang apa yang kita wartakan (upload) ke media sosial. Semua yang kita wartakan akan terekam dengan baik dan memudahkan penggunanya. Teknologi media sosial akan menyimpan, menyebarkan, mengabarkan serta mengambil ulang informasi kita atau orang lain. Begitulah setidaknya cara media sosial memanjakan dan asyik para penggunanya.

Semua jadi mudah dan menarik dibuat oleh teknologi media sosial. Bahkan para pengguna atau pencari informasi lawas jadi sangat mudah berkat media sosial. Atau juga memanjakan para pencari informasi atau rekam jejak tentang seseorang tidak sulit. Asalkan informasi atau rekam jejak orang tersebut sudah pernah direkam ke sosial media maka akan mudah didapat. Teknologi media sosial memang berfungsi memudahkan serta bisa jadi mempersulit penggunanya. Memang media sosial dibuat menjadi sumber informasi bagi siapa pun penggunnya jika ingin mengabarkan atau mencari informasi apa pun.

Tetapi berhati-hati dan bijaksanalah dalam menggunakan teknologi media sosial. Kemudahan dan kemanjaan yang diberikan sekaligus juga bisa membahayakan kita pengguna media sosial. Apa saja yang kita simpan atau wartakan, baik yang benar maupun salah akan terekam tetap oleh teknologi media sosial. Jadi kita sulit sekali menghapus atau mau meralat atau membohongi publik media sosial. Semua informasi tentang kita misalnya akan tersimpan dan mudah diakses atau digunakan publik. Begitu pula informasi tentang kita akan tersimpan dan mudah diakses atau dibuka kembali secara publik pada waktu tak terukur selanjutnya.

Keterbukaan dan kemudahan itu akan terus dapat diakses puluhan tahun oleh publik selama teknologi media sosial menyimpannya. Siapa pun tidak bisa atau setidaknya sulit membohongi publik jika sudah terekam oleh media sosial. Secara mudah teknologi media sosial dapat membuka dan membeberkan informasi kita atau siapa saja juga apa saja yang sudah terekam. Secara teknis, sejarah informasinya tersimpan rapi dan mudah digunakan oleh siapa pun. Nah kemudahan dan keterbukaan inilah yang memanjakan sekaligus membahayakan kita pengguna media sosial.

Kemudahan itu akan menjadi masalah besar jika kita tidak bijak menggunakannya. Begitu pula dengan media sosial akan menghantam bahkan membunuh diri kita jika tidak bijak menggunakannya. Semua yang mudah belum tentu selalu baik, perlu juga kita bijak juga membangun kontrol dalam pergaulan. Teknologi media sosial jima bijak digunakan, bisa kita jadikan alat kontrol sosial bagi diri kita. Juga mengajak secara bijaksana dalam bergaul serta berperilaku dengan sesama di media sosial. Teknologi media sosial menyimpan dan bisa menyebarkannya itu secara mudah dalam sekejap.

 

Jakarta, 2 Desember 2018
Azas Tigor Nainggolan.
Penulis adalah pengamat kebijakan publik dari Forum Warga Kita Jakarta (FAKTA).

Print Friendly, PDF & Email