No. Reg Rilis 092/RLS/XII/ 2018 Rokok Herbal, rokok sehat? Catatan Singkat tentang Lucu-lucuan Kampanye Menyesatkan Rokok Sehat.

No. Reg Rilis 092/RLS/XII/ 2018

Rokok Herbal, rokok sehat?
Catatan Singkat tentang Lucu-lucuan Kampanye Menyesatkan Rokok Sehat.

“Rokok ini sejenis rokok sehat. Atau sebelumnya dikenal sebagai rokok herbal. Saya tidak mau menyebutnya sebagai rokok herbal karena akan diprotes oleh rokok lainnya. Protes disampaikan bahwa semua rokok bahan utamanya berasal dari tembakau. Nah tembakau itu kan tanaman dan herbal artinya. Jadi saya katakan rokok yang saya hisap ini adalah rokok sehat, selain tembakau juga mengandung bahan tambahan berupa rempah-rempah yang menyehatkan bagi tubuh manusia. Selain itu rokok ini berefek positif, mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan rokok biasanya. Sebelum saya mengisap rokok sehat ini, saya mengisap rokok Jisamsu kretek bisa 2 bungkus sehati. Tapi sekarang setelah mengisap rokok sehat ini, saya mengisap rokok Jisamsu kretek hanya satu bungkus sehari. Begitu pula kandungan Tar rokok sehat ini lebih tinggi dari Tar rokok biasa dan berbeda. Kalo Tar rokok biasa hanya 0,5 mg dan rokok sehat Tarnya lebih tinggi.Tar rokok sehat ini sengaja dibuat lebih tinggi karena menyehatkan, mengikis kerak-kerak Tar rokok biasa dalam saluran darah kita yang berasal dari rokok biasa yang kita hisap sebelumnya”, cerita promosi rokok sehat seorang perokok kepada seorang perokok lainnya.

Cerita yang menakjubkan sebagai perokok sehat di atas saya ikuti dan dengarkan saat saya nongkrong di sebuah warung. Memang sekarang ini sedang marak promosi rokok sehat, terutama ditujukan kepada perokok yang sedang alami sakit dan ketergantungan akibat menghisap rokok biasanya. Promosi rokok sehat ini juga ditujukan kepada perokok baru, karena tawaran komposisinya lebih sehat dan menyehatkan dibanding rokok biasanya. Sebelumnya juga memang teman saya yang perokok pernah memperkenalkan dan mempromosikan pada saya tentang rokok herbal. “Rokok herbal ini menyehatkan, berbeda dengan rokok biasanya. Rokok herbal ini bisa menyembuhkan penyakit jantung karena mengandung rempah Jinten. Rokok herbal ini bisa mengurangi ketergantungan pada rokok biasa”, kampanye seorang teman tentang rokok herbal.

Kedua promosi atau kampanye rokok herbal dan rokok sehat itu lucu sekaligus menyesatkan kita. Mengapa lucu dan menyesatkan? Rokoknya dikatakan sebagai rokok herbal dan menyehatkan. Rokoknya mengandung Tar yang menyehatkan. Rokoknya mengurangi adiksi terhadap rokok biasanya.

Rokok herbal atau rokok sehat, apakah memang rokok sehat dan menyehatkan? Pendapat ini dasar dan data kesehatannya apa, hingga bisa menyatakan sebagai rokok sehat? Bukan