Pasar Baru Semrawut

By on November 9, 2012. Posted in .

Yanti, 35, pengunjung Pasar Baru, sangat menyayangkan atas kondisi pusat perbelanjaan tersebut. Padahal Pasar Baru telah ditetapkan menjadi kawasan wisata belanja internasional, seharusnya lebih rapi sehingga pengunjung nyaman dan menikmati saat berbelanja.

?Bagaimana mau menarik minat turis asing untuk belanja di sini, kalau kondisinya begini. Seharusnya Pemprov DKI Jakarta lebih peduli dengan menata kawasan Pasar Baru,? ucap Yanti, Selasa (6/11).

Kesemrawutan tersebut dengan banyaknya pedagang yang berjualan sembarangan di jalur tengah atau di depan pertokoan. Kondisi ini sangat mengganggu para pengunjung yang ingin berbelanja.

Belum lagi dengan adanya parkir sembarangan, seperti di depan pintu masuk sisi Utara, sehingga terkesan semrawut. ?Seharusnya para pedagang tersebut ditata atau dicarikan tempat dalam satu lokasi khusus pedagang Kaki-5 di kawasan tersebut,? katanya.

KENDARAAN PARKIR
Dari pengamatan di lokasi, di jalur tengah buat para pejalan kaki di Pasar Baru di sisi kanan dan kirinya banyak pedagang. Mereka menggelar dagangannya secara sembarangan tanpa penataan. Sementara di pintu masuk sisi Utara puluhan kendaran roda dua diparkir di depan pintu masuk dan hampir menutupnya. Termasuk juga di jalan ke luar menuju Jl Pintu Air Raya.

Bukan itu saja, di halaman pertokoan juga banyak mobil hilir mudik. ?Mestinya mobil jangan boleh masuk ke dalam dong. Pusat Perbelanjaan Pasar Baru yang dulu nyaman sekarang jadi sumpek,? tutur Muryati, pengunjung lainnya.

Camat Sawah Besar, Marsigit, mengatakan telah berkali-kali menertibkan namun tetap saja mereka balik kembali. Pihaknya akan tetap berusaha dengan melakukan pendekatan persuasif sambil mencarikan jalan keluar yang tepat.

Hanya saja soal keberadaan parkir merupakan kewenangan instansi lain. ?Kami akan koordinasikan masalah ini dengan instansi lainnya, agar Pasar Baru jadi tertata,? ujarnya.

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.