Pemprov DKI Akan Lakukan Penggusuran Besar-Besaran di 2014

By on December 18, 2013. Posted in , .

IB6TugWvYlJAKARTA– Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Pemprov) DKI Jakarta diprediksi akan melakukan penggusuran besa-besaran pada tahun 2014. Hal itu diungkapkan pengamat tata kota Universitas Trisakti, Nirwono Yoga.

“Menurut Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang kemarin baru disahkan, Pemprov akan melakukan normalisasi empat sungai besar yakni bantaran Kali Ciliwung, Kali Pesanggrahan, Kali Angke dan Sunter dan 10 waduk. Ini akan ada penggusuran besar di 2014,” kata Nirwono dalam diskusi Refleksi Akhir Tahun Warga Kota Jakarta “Menuju Jakarta yang Manusiawi” di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Senin (16/12/2013).

Selain melakukan normalisasi waduk sungai, lanjut Nirwono, dalam RDTR yang disahkan, akan ada penertiban bangunan di atas saluran-saluran air karena melanggar Perda Nomor 8 tahun 2007. “Pemprov juga akan membuka ruang terbuka hijau besar-besaran pada 2014 nanti. Jadi bagi yang tinggal di sekitar kali, waduk siap-siap untuk digusur,” jelasnya.

Nirwono juga menyayangkan, dalam RDTR yang disahkan tidak ada paparan tentang lokasi-lokasi kampung kumuh dan lokasi PKL sehingga lokasi tersebut seringkali dianggap tidak ada dan digusur.

“Hingga saat ini, tidak ada peta persebaran kampung kumuh dan PKL di Jakarta sehingga tidak diakui keberadaannya. Padahal sebelumnya lahan yang seringkali dianggap lahan negara itu diabaikan oleh Pemprov ,” tukasnya. (ugo)

Sumber : Aisyah – Okezone

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.