Penggusuran Zaman Soekarno Lebih Manusiawi

By on December 18, 2013. Posted in , .

y9ovmq6EsdJAKARTA – Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) menyimpulkan adanya unsur pelanggaran HAM dalam pengusuran warga Pasar Burung, Pluit, Jakarta Utara. Ketua Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA), Azas Tigor Nainggolan, mengakui penggusuran kerap kali mengesampingkan nilai-nilai kemanusiaan.

Berbeda dengan penggusuran yang dilakukan pada zaman Presiden Soekarno. Menurut Tigor, penggusuran pada masa itu lebih manusiawi dibanding saat ini.

“Sekarang enggak ada negara yang tidak pernah mengalami penggusuran. Soekarno pun pernah menggusur. Tapi (cara) menggusurnya lebih oke daripada yang sekarang,” kata Tigor dalam diskusi Refleksi Akhir Tahun Warga Kota Jakarta ‘Menuju Jakarta yang Manusiawi’ Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Senin (16/12/2013).

Meskipun, Tigor mengaku, penggusuran saat itu dengan sekarang berbeda, lantaran tingkat kepadatan penduduk Jakarta juga sangat berlainan.

“Waktu itu warga digusur senyum-senyum saja karena kondisi Jakarta belum sebagus sekarang. Sekarang kondisi Jakarta juga penduduknya udah lebih padat,” ujar Tigor. (ded)

Aisyah – Okezone

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.