Pertamina & PGN Didesak Seragamkan Harga BBG

By on January 7, 2011. Posted in .


Desakan penyeragaman harga BBG dilakukan untuk menyokong operasional 524 bus Transjakarta yang beroperasi di 10 koridor yang telah ada. Dengan harga jual yang lebih murah, sudah barang tentu para operator busway lebih memilih membelinya di Pertamina. Alhasil, kondisi itu dapat menyebabkan antrian panjang dan bisa mengganggu headway bus Transjakarta yang beroperasi di 10 koridor. Padahal, Pertamina hingga saat ini baru memiliki dua SPBG yang telah beroperasi yakni, SPBG Daan Mogot dan SPBG di Jalan Pemuda. ?Pertamina masih menjual BBG dengan harga lama yaitu Rp 2.652 per lsp. Akibatnya, masih banyak armada Transjakarta yang mengantri di SPBG milik Pertamina,? ujar Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta, Kamis (6/1).

Melihat kondisi seperti itu, Fauzi meminta penyamaan harga BBG ini segera diberlakukan secara efektif. Sebab, pelayanan terhadap penumpang pun terpengaruh. Contohnya, waktu tunggu (headway) antar bus tiba di halte akan mengalami keterlambatan. Akibatnya, penumpang pun harus menunggu lama untuk bisa menikmati layanan bus Transjakarta.

Selain itu, Pertamina juga didesak untuk segera menambah jumlah SPBBG agar penyebaran BBG semakin meluas dan tidak terbatas. Rencananya, Pertamina sendiri akan merevitalisasi delapan SPBBG dari 18 SPBBG yang dimilikinya. Sedangkan empat SPBBG telah dilakukan revitalisasi dengan mengganti mesin dan kompresor seperti, SPBBG di Jalan Pemuda (Jakarta Timur), Jalan Margonda (Depok), Jalan Gandaria (Jakarta Selatan) dan Jalan Daan Mogot (Jakarta Barat).

Di tahun 2011, ada empat SPBBG laigi yang akan direvitalisasi Pertamina. Lokasi keempat SPBG itu yakni, di Jalan Ahmad Yani (Jakarta Timur), Jalan Pluit Selatan (Jakarta Utara), Jalan Raya Pasar Minggu (Jakarta Selatan), dan Jalan Danau Sunter (Jakarta Utara).

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono mengungkapkan, pihaknya telah mendapatkan kabar baik mengenai harga penyeragaman BBG. Dalam waktu dekat, diungkapkan Pristono, Pertamina segera memberlakukan harga BBG baru yakni, Rp 3.100 per lsp sesuai dengan keputusan Kementerian ESDM. ?Saya sudah mendengar dalam waktu dekat ini Pertamina dan PGN akan memberlakukan harga BBG Rp 3.100 per lsp. Mungkin saat ini kedua perusahaan itu sedang dalam masa transisi untuk mengubah harga jual BBG,? ungkapnya.

Jika harga jual BBG diseragamkan, Pristono memastikan, headway bus Transjakarta di 10 koridor akan semakin membaik sehingga pelayanan kepada para pengguna jasa bus Transjakarta pun juga akan semakin baik.

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.