Petani Tembakau Didorong untuk Mulai Ganti Tanaman

By on October 20, 2017. Posted in .

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah akan menaikkan cukai rokok rata-rata sebesar 10,04 persen pada 2018. Hal itu dilakukan untuk mengendalikan atau mengurangi konsumsi rokok yang berefek buruk bagi kesehatan.

Namun, pengendalian konsumsi rokok tidak akan berhenti disitu. Presiden sudah memberikan instruksi kepada para menteri agar produksi tembakau oleh petani mulai dikurangi.

“Presiden minta agar mulai dipikirkan bahwa petani (tembakau) bisa secara bertahap mengganti tanamannya,” ujar Menko Perekonomian Darmin Nasution di Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Dengan adanya instruksi itu, para menteri akan mulai mencari alternatif tanaman pengganti tembakau untuk para petani. Dengan begitu, para petani tembakau tidak kehilangan mata pencaharian.

Sementara itu Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pemerintah akan tarus memperhatikan aspek kesehatan masyarakat. Atas dasar itu pula tutur dia, Presiden memberikan perintah agar para menteri mulai memikirkan alternatif tembakau.

“Sehingga pada saat kita memenuhi masalah kesehatan, maka petani tembakau yang terkena dampaknya sudah mendapatakan dukungan dan bantuan dari pemerintah untuk bisa mendapatkan alternatif kegiatan,” kara Sri Mulyani.

Penulis Yoga Sukmana
Editor Bambang Priyo Jatmiko

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.