PKL Senen & Siswa SD Kebon Nanas Demo Tagih Janji Jokowi

By on November 9, 2012. Posted in .

Pendemo ingin curhat kepada Jokowi tentang surat Dinas Perhubungan (Dishub) yang meminta agar lapak-lapak mereka dikosongkan pada 15 November mendatang. Surat itu diterima pada tanggal 15 Oktober lalu.

“Kronologinya kami cukup lama berdagang di situ, lalu ada surat ke kami tentang penataan. Menata itu tidak jelas, karena dicat dan menyapu itu juga menata. Tapi kami melihat tendensinya tempat itu mau ditutup. Kalau ditutup kami mau dikemanakan. Kami butuh tempat yang bagus,” papar koordinator aksi, Aston Manulang.

“Kalau memang mau dibangun, kami meminta supaya semua yang memiliki warung diberikan juga tempat di sana. Maka sebelum ada eksekusi apa pun, kami ingin ada solusi yang jelas,” lanjut dia.

Aston ingin bertemu dengan Jokowi untuk meminta solusi.

“Jumlah kios yang mau ditutup ada 200 lebih. Janji-janjinya buktikan, jangan begitu duduk di sini lalu rakyat sengsara,” protes Aston.

Selang beberapa menit kemudian, sedikitnya 50 orang ibu-ibu dan 20 anak SD juga demo di Balai Kota.

Warga dari penghuni Kuburan Cina Kebon Nanas, Jakarta Timur, ini memprotes rencana penggusuran rumah mereka.

“Kami mau digusur dan sekarang kami meminta kejelasan soal penggusuran itu. Mau digusur waktu sama Foke. Nah karena gubernur baru, kita menanyakan nasib kita sekarang. Kita memang tinggal di kompleks Kuburan Cina,” kata seorang warga, Andayan.

“Anak-anak kan lagi ujian, jadi kami minta soal pemukiman itu. Anak-anak ini kan intinya kalau nggak ada rumah, pendidikan anak kami gimana?” ujar dia.

Sedikitnya 5 anak SD memegang potongan kardus berukuran 30×20 cm bertuliskan “Pak Gubernur Mana Janjimu” dan “Perhatikan Kami.”

Aksi ini berlangsung damai dan tidak mengganggu arus lalu lintas di sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan. Puluhan polisi mengamankan aksi itu.

Perwakilan sudah diterima oleh pihak Balai Kota. Sedangkan Jokowi tengah melakukan rapat dengan PT KAI dan Dishub.

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.