Rumah di Pinggir Kali Krukut Akan Dibongkar

By on August 26, 2013. Posted in , .

1405431kali-krukut780x390

Kali Krukut, Tanah Abang, Jakarta Pusat. | KOMPAS.com/Estu Suryowati

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk membersihkan Kali Krukut, Tanah Abang, Jakarta Pusat, rumah-rumah yang berada di pinggirannya akan dibongkar. Kemudian, di kanan kiri kali tersebut akan dibangun jalan inspeksi.

“Kalau tidak ada halangan nanti akan kita bongkar, karena kanan kirinya akan dibangun jalan inspeksi selebar tiga meter,” ujar Kasudin PU Tata Air Jakarta Pusat, Herning Wahyuningsih, saat dihubungi Kompas.com, di Jakarta, Senin (26/8/2013).

Menurutnya, rumah-rumah di bantaran kali dan jenis saluran air lainnya acap kali menjadi kendala dalam pembersihan saluran air Ibu Kota. Oleh karena itu, pihaknya terpaksa membersihkan sedimentasi kali secara manual.

“Kita enggak bisa pakai alat berat soalnya ada rumah-rumah penduduk di situ,” kata Herning.
Dari pantauan Kompas.com, Kali Krukut dari Pasar Tanah Abang hingga Pasar Lontar di Jalan Sabeni penuh sampah, dan airnya berwarna gelap. Di sisi kanan kiri badan kali berdiri rumah-rumah penduduk.
Dampak dari normalisasi kali dan saluran air lainnya, salah satunya adalah relokasi warga di bantaran lokasi tersebut. Untuk ini, pihak DPU masih menunggu anggaran belanja tambahan (ABT) setelah disahkan oleh DPRD DKI Jakarta. Sementara untuk badan kali, Herning menyebut lebarnya sudah ideal antara 6-7 meter.

Di Jakarta Pusat, normalisasi tata air setidaknya dilakukan di 43 titik. Herning menegaskan, 100 persen terkendala rumah-rumah penduduk.

Editor : Ana Shofiana Syatiri

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.