Selamat Natal dari Kairo

By on December 24, 2009. Posted in .

Sdh pk.00.15, blm juga ada tanda2 kebaktian akan dimulai. Bisik2 mengatakan masih menunggu sang pemimpin. Penantian yg sangat menyiksa, berdiri kaku sambil menahan dinginnya malam.
Tiba2 terjadi kegaduhan dan kesibukan yg luar biasa. Di layar CCTV terlihat seorg lelaki tua bersorban bergegas masuk didampingi isterinya dgn pengawalan ekstra ketat.
Begitu sang pemimpin duduk di tempat yg sdh disediakan kebaktian Natal langsung dimulai. Aku tdk bisa khusuk mengikuti prosesi Ibadah. Rasa ingin tahu membuat mataku berulang ulang tertuju pd layar CCTV.

Sang pemimpin ikut berdoa dan bernyanyi mengikuti ibadah agama Katolik sesuai lembar tata cara ibadah di tangannya.

Saat prosesi sakramen misa suci akan berlangsung, sang pemimpin berdiri dan meninggalkan ruangan. Isterinya tetap tinggal mengikuti ibadah selanjutnya.
Sebuah episode yang mencengangkan.

Venue: Kota Bethlehem.
Lokasi: Gereja Katolik, tempat Yesus dilahirkan.
Waktu: 25 Desember 1998.
Sang Pemimpin: Yasser Arafat.

Aku terbengong bengong menyaksikan semua perilaku yg berlangsung di depan mataku tsb. Sungguh kontras dgn perilaku di negeriku.
Apakah jarak ribuan kilometer yg memisahkan tanah airku dari tanah kelahiran agama Kristiani dan Islam telah memisahkan pula kedua agama serumpun ini sedemikian jauh ?
Ataukah syahwat politik yg memanipulasi ketaatan agama menjadi kekuatan politik menjadi biang keladi konflik agama di Indonesia ?

Lantas, untuk apa kita bersepakat 64 tahun yang lalu, menjadi satu dalam bingkai NKRI ?
Mungkin sudah saatnya kita melarang politisasi agama. Jangan biarkan syahwat politik berlindung di balik agama.

Beliau menyoroti tentang fatwa yang mengharamkan kehadiran seorang Muslim disaat perayaan Natal atau perayaan agama lain nya dengan mengatakan: “Pihak yang paling diuntungkan oleh fatwa seperti ini adalah mereka yang “bersyahwat” politik”.

{xtypo_sticky}Jakarta, Desember 2009
Azas Tigor Nainggolan
Ketua Forum Warga Kota Jakarta (Fakta)
Advokat Publik bagi Warga Miskin di Jakarta
azastigor@yahoo.com
Kontak: 08159977041 {/xtypo_sticky}

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.