Selesaikan Masalah Pelecehan di dalam bus Transjakarta sekarang juga

By on June 10, 2010. Posted in .

Melalui peristiwa tersebut di atas ada beberapa hal catatan penting yang perlu kita sikapi bersama sebagai langkah perbaikan pengelolaan serta pelayanan di Transjakarta. Langkah perbaikan tersebut antara lain adalah:
1. Memperbaiki manajemen pengelolaan Transjakarta
2. Penegakan aturan lalu lintas tanpa pandang bulu di Jakarta.
Pihak BLU dan Operator Transjakarta perlu memperbaiki kinerjanya agar penumpang atau pengguna jalan raya lainnya tidak menjadi korban. Perbaikan itu bisa dilakukan berupa melakukan kontrol dan penegakaan operasional Transjakarta, seperti:
? Memenuhi target head-way (Intensitas kedatangan) bus Transjakarta sebagaimana dirancang pada tahap awal yakni setidaknya 5-10 menit, agar tidak terjadi penumpukan dan kepanikan penumpang saat di halte.
? Melaksanakan pemenuhan batas penumpang (load factor) bus Transjakarta saat beroperasi agar tidak terjadi kepadatan luar biasa saat beroperasi.
? Kepadatan penumpang yang melebihi batas itu juga akan membuat bus Transjakarta tidak beroperasi secara baik dan aman.
? Memperbaiki dan mengontrol secara benar kondisi bus Transjakarta yang akan beroperasi agar tidak terjadi gangguan operasional, kenyamanan penumpang dan kecelakaan di jalan.
? Mengontrol dan membina secara benar para awak pengemudi dan pengawas bus Transjakarta agar tidak ugal-ugalan dan mencelakakan penumpang serta pengguna jalan lainnya.
? Memasang alat monitor pengamanan atau kamera pengawas (CCTV) di shelter dan dalam bus Transjakarta

Langkah penegakan aturan lalu lintas juga syarat utama yang harus dilakukan aparat Kepolisian lalu lintas dan Dinas Perhubungan terhadap operasional bus Transjakarta di jalan raya. Penegakaan ini sangat diperlukan mengingat Transjakarta merupakan moda angkutan umum massal khusus yang memiliki jalur khusus tetapi masih sering melanggar aturan lintas saat beroperasi. Banyaknya kecelakaan lalu lintas oleh bus Transjakarta tersebut menunjukkan bahwa hingga saat ini perilaku awak bus Transjakarta masih sama dengan bus umum lainnya yakni kebut-kebutan dan ugal-ugalan di jalan raya. Pelanggaran lain misalnya terlihat saat beroperasi sopir Transjakarta sering secara paksa menerobos lampu merah dan sengaja memaju kecepatan saat bersimpangan dengan kendaraan lain. Kejadian itu sering disaksikan petugas polisi dan Dinas Perhubungan di lokasi tersebut tetapi mendiamkan saja bus Transjakarta melanggar aturan lalu lintas.

Secara khusus juga perlu sikap juga terobosan secara benar dan profesional dalam menjalankan tugas melindungi dan menindak lanjuti laporan dari petugas kepolisian. Terkesan saat menerima adanya laporan pelecehan di dalam bus Transjakarta atau tindakan kriminal lainnya justru mempersulit para korban itu sendiri. Sikap profesional itu juga berbentuk tidak lagi membebani penumpang dan korban dengan masalah formalitas yang sebenarnya menjadi tanggung jawab petugas polisi. Pihak kepolisian seharusnya mampu mencari dan membuat sistem pengamanan penegakan hukum agar warga merasa aman juga nyaman ketika berhadapan dengan petugas polisi serta saat menggunakan angkutan umum.

Perbaikan layanan dan pengelolaan Transjakarta ini perlu dilakukan sebagai sikap ingin konsisten menjadi Busway Transjakarta sebagai pilihan dan alternatif kebanggaan warga dan kota Jakarta. Mari gunakan juga pengalaman yang baik dan kurang baik ini sebagai pelajaran bagi peningkatan pelayanan serta komitmen menyusun Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang sejatinya benar-benar pro penumpang atau pengguna Transjakarta. Mempertahan eksistensi, terus memperbaiki pelayanan dan pengelolaan Transjakarta adalah sikap yang membanggakan, dibanding membiarkannya kehilangan kepercayaan dari warga serta kota Jakarta. Mari terus kita bangun agar Transjakarta menjadi sistem transportasi kebanggan, pilihan pindah para pengguna kendaraan bermotor pribadi dan salah satu alat dukung menyelesaikan kemacetan lalu lintas Jakarta.

Jakarta, 10 Juni 2010
Dewan Transportasi Kota Jakarta
Azas Tigor Nainggolan
Ketua

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.