Surat Terbuka pada Gubernur Jakarta, Bapak Fauzi Bowo

By on July 22, 2010. Posted in .

Penolakan warga Jakarta dan lainnya itu didasari atas kecintaan terhadap kota Jakarta dan lingkungan yang hijau untuk semua. Penolakan itu pun didasari oleh perhatian dan keprihatinan kami atas kondisi lingkungan hidup Jakarta yang akan lebih hancur jika mal tersebut jadi dibangun di lokasi Taman Ria Senayan.

Senang hati kami ketika membaca bahwa bapak gubernur juga menolak rencana pembangunan mal di lokasi Taman Ria Senayan itu. Melalui surat ini kami memohon dan mendukung apabila bapak gubernur mau mendengarkan keinginan warga Jakarta serta lainnya untuk menolak atau pun membatalkan rencana pembangunan mal di Taman Ria Senayan. Lokasi Senayan dan sekitarnya sudah dipadati oleh bangunan bisnis dan mal juga perkantoran yang minim ruang terbuka hijaunya (RTH). Lihat saja kawasan olah raga Senayan yang dulunya hijau sekarang ini sudah berubah total menjadi hutan beton dan menutupi pori-pori tanah Jakarta. Jelas di lokasi Senayan sangat membutuhkan lokasi RTH sebagai penyanga lingkungan Senayan dan kota Jakarta.

Pembangunan mal di lokasi Taman Ria Senayan juga akan menyebabkan bangkitan lalu lintas dan kemacetan luar biasa lagi di lokasi tersebut. Sekarang ini saja jika ada kegiatan bisnis atau pameran di gedung-gedung sekitar Senayan menyebabkan macet luar biasa. Jika nanti di lokasi tersebut berdiri mal baru maka itu akan menambah beban lalu lintas atau kemacetan kembali. Tentunya kemacetan tersebut akhirnya juga akan menambah beban pencemaran dan pengrusakan lingkungan, pemborosan energi BBM juga inefisiensi produktivitas serta kesehatan warga. Sebagai warga kami akan sangat mendukung bapak gubernur untuk tidak memberikan izin bagi rencana pembangunan mal tersebut walau pasti akan mendapat banyak tekanan para pemodal, politisi dan pemerintah nasional.

Bapak gubernur Jakarta kami sangat mendukung penolakan bapak atas rencana pembangunan mal tersebut. Kami sebagai warga Jakarta sangat berharap bapak gubernur mewujudkan dukungan bapak dengan mendorong harapan kami ini pada pemilik dan pengelola lokasi Taman Ria Senayan agar mengurungkan keinginannya membangun mal disana. Ada baiknya juga bapak gubernur Jakarta mengajak pemilik tanah di Taman Ria Senayan tersebut membangun lokasinya menjadi kawasan publik berupa taman kota yang manfaatnya jauh lebih besar bagi warga kota Jakarta dan kota Jakarta itu sendiri ketimbang membangun mal. Membangun mal hanya untuk memperkaya segelintir orang saja tetapi merusak lingkungan dan akan membunuh pelan-pelan kota Jakarta dan warganya.

{xtypo_sticky}Jakarta, 22 Juli 2010
Azas Tigor Nainggolan
Ketua Forum Warga Kota Jakarta (Fakta)
Advokat Publik bagi Warga Miskin di Jakarta
azastigor@yahoo.com
Kontak: 08159977041 {/xtypo_sticky}

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.