TUTUP MALL BERASAP !!! Lindungi Keluarga Kita dari Paparan Asap Rokok Orang lain di Tempat-tempat Umum di Jakarta

By on October 7, 2011. Posted in .

?

Gugatan Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA)
Kepada ITC Cempaka Mas dan BPLHD DKI Jakarta
atas Mall sebagai tempat umum yang masih melanggar
Perda 2/2005, Pergub 75/2005 dan Pergub 88 / 2010 tentang
KAWASAN DILARANG MEROKOK

?

Berdasarkan survey Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) yang dilakukan pada tahun 2008 bahwa 50% mall yang ada di Jakarta melanggar Kawasan Dilarang Merokok. Masih ditemukan orang merokok di dalam mall.

ITC Cempaka Mas, adalah salah satu mall atau pusat perbelanjaan yang ada di wilayah Jakarta. Berdasarkan pemantauan yang dilakukan FAKTA bahwa ITC Cempaka Mas selaku Mall yang telah menerima penghargaan sebagai mall yang berpredikat sangat baik dalam penerapan Kawasan Dilarang Merokok selama tahun 2006 dari Pemprov. DKI Jakarta. Namun berdasarkan survey lapangan yang dilakukan FAKTA masih di dapat pelanggaran-pelanggaran dalam KDM. Teguran pun sudah dilayangkan oleh FAKTA untuk memperbaiki kelalaian tersebut, namun tidak ada tanggapan atas teguran FAKTA tersebut.

FAKTA juga telah melakukan pengaduan terhadap pelanggaran tersebut ke nomor telepon 021-5228694. Nomor ini adalah nomor pengaduan untuk pelanggaran KDM yang dikelola oleh BPLHD DKI Jakarta. Namun atas pengaduan tersebut tidak ada respon yang diberikan dari BPLHD dan BPLHD pun tidak mengumumkan nama gedung dan tempat umum yang masih melanggar.

ITC Cempaka Mas dan BPLHD DKI Jakarta telah melakukan perbuatan melawan hukum dengan melakukan pembiaran terhadap pelanggaran KDM yang terjadi, sehingga membuat masyarakat kehilangan haknya atas udara bersih bebas dari asap rokok di tempat-tempat umum di jakarta.

Satu-satunya cara yang efektif untuk melindungi warga Jakarta dari paparan asap rokok orang lain adalah dengan menegakkan peraturan tentang Kawasan Tanpa Rokok? yang menyeluruh yang meliputi semua tempat-tempat umum dan tempat-tempat kerja dalam ruang/gedung, termasuk semua restoran, hotel serta fasilitas lainnya termasuk pusat-pusat perbelanjaan.

Oleh sebab itulah FAKTA sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang memiliki keprihatinan terhadap masalah-masalah kehidupan kaum miskin kota Jakarta serta keinginan membangun sebuah pemerintahan kota Jakarta yang? bersih, sehat, partisipasif dan, transparan, dan keprihatinan akibat sulitnya mendapatkan perlindungan kesehatan lingkungan dalam hal ini hak setiap orang menghirup udara sehat bebas dari asap rokok, juga akibat lemahnya dalam melakukan penegakan terhadap Kawasa Dilarang Merokok (KDM) maka FAKTA bersama Koalisi Warga untuk Smoke Free Jakarta melalui kuasa hukum yang tergabung dalam Solidaritas Advocat Publik Untuk Pengndalian Tembakau (SAPTA) Indonesia melakukan gugatan perbuatan melawan hukum yang telah dilakukan oleh ITC Cempaka Mas dan BPLHD DKI Jakarta.

Adapun tuntutan warga dalam gugatan ini adalah:

1.??? Mengabulkan gugatan PENGGUGAT untuk seluruhnya;
2.??? Menyatakan perbuatan PARA TERGUGAT adalah Perbuatan Melawan Hukum;
3.??? Memerintahkan TERGUGAT III untuk segera mengumumkan nama-nama gedung dan/atau tempat umum yang masih melanggar Pergub 88 tahun 2011, dalam jangka waktu 14 hari terhitung sejak perkara ini diputuskan;
4.??? Menghukum PARA TERGUGAT untuk meminta maaf kepada warga Jakarta secara terbuka melalui? 3 media cetak lokal ternama dalam jangka maksimal (1) Minggu setelah putusan ini. Adapun permintaan maaf kepada seluruh warga Jakarta sebagai berikut:

?kami Pengelola Gedung ITC Cempaka Mas dan/atau Badan Pengelola Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta dengan ini menyatakan: Memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat kota Jakarta atas tindakan kami yang telah melakukan pembiaran terhadap terjadinya pelanggaran Kawasan Dilarang Merokok(KDM) di Gedung ITC Cempaka Mas, untuk itu kami sebagai pengelola dan Pengawas akan melakukan pengawasan melalui satuan Tugas yang bertugas untuk mengawasi dan melakukan penindakan terhadap pelanggaran Kawasan Dilarang Merokok(KDM) di Lingkungan ITC Cempaka Mas?.

5.??? Menghukum TERGUGAT I untuk melaksanakan Peraturan Gubernur Nomor 88 Tahun 2010 dengan sebaik-baiknya. Diantaranya dengan mengadakan Penandaan Dilarang Merokok, Menyingkirkan semua asbak, menegur dan melarang orang merokok di dalam gedung, pengumumam secara audio yang dilakukan secara berkala setiap lima belas menit sekali selama waktu buka;
6.??? Menyatakan putusan atas gugatan ini dapat dilaksanakan terlebih dahulu walaupun ada upaya hukum (uit verbal bij vorraad);
7.??? Menghukum PARA TERGUGAT untuk membayar biaya perkara yang timbul dalam perkara ini.
Semoga gugatan ini dapat menjadi pembelajaran kepada publik jakarta bahwa Warga turut aktif dalam penegakkan sebuah aturan yang melindungi hak-hak adasar warga atas lingkungan dan udara bersih dan sehat bebas dari paparan asap rokok orang lain.

Demikian Release ini kami buat untuk disebarkan.

Jakarta, 5 Oktober 2011

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.